Text

Prevalens dan faktor prediktor dari kemampuan berjalan pasien palsi serebral pada masa anak di RSCM dan yayasan pembinaan anak cacat = The prevalence and predicting factor of walking ability of cerebral palsy patient in childhood at RSCM and yayasan pembinaan anak cacat.

Latar belakang: Palsi serebral (PS) adalah salah satu gangguan fisis penyebab utama gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Permasalahan PS yang menjadi perhatian bagi orangtua adalah keterlambatan perkembangan motorik terutama kemampuan berjalan. Sampai saat ini belum didapatkan data prevalens dan faktor prediktor pada masa anak apa saja yang berhubungan dengan kemampuan berkalan pasien PS. Tujuan: Untuk mengetahui prevalens kemampuan berjalan pasien PS, dan mengetahui faktor prediktor apa saja yang berhubungan dan yang paling berperan terhadap kemampuan berjalan pasien PS pada masa anak Metode: 102 pasien PS yang berusia 6 tahun ke atas dilakukan pengambilan data melalui wawancara orang tua dan rekam medis mengenai kemampuan berjalan pasien PS dan faktor prediktor pada masa anak yang berhubungan dengan kemampuan berjalan pasien PS. Pengambilan data dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Hasil: Sebanyak 27 pasien (26.5%) berjalan tanpa alat bantu, 13 pasien (12.7%) berjalan dengan alat bantu, dan 62 pasien (60.8%) tidak dapat berjalan walau dengan alat bantu. Faktor prediktor yang berhubungan dengan kemampuan berjalan pasien PS adalah kemampuan menahan posisi duduk tanpa topangan sebelum usia 2 tahun (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Primo Parmato - Nama Orang
Aryono Hendarto - Nama Orang
Dwi Putro Widodo - Nama Orang
Luh Karunia Wahyuni - Nama Orang

No. Panggil
T13048fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 49 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13048fkT13048fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalens dan faktor prediktor dari kemampuan berjalan pasien palsi serebral pada masa anak di RSCM dan yayasan pembinaan anak cacat = The prevalence and predicting factor of walking ability of cerebral palsy patient in childhood at RSCM and yayasan pembinaan anak cacat.

Related Collection